Home > Gizi > Manfaat Sayur dan Buah

Manfaat Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Sayur berwarna hijau merupakan sumber kaya karoten (provitamin A). Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan karotennya. Kandungan beta karoten pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.
Sayuran yang berwarna hijau tua diantaranya adalah kangkung, daun singkong, daun katuk, daun papaya, genjer dan daun kelor. Di dalam sayuran dan buah juga terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah bekerja dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.

Alpukat, apel, blimbing, jambu, jeruk, mangga, pepaya kaya akan vitamin A. Sedangkan kecambah atau toge merupakan sumber vitamin E. buah-buahan pada umumnya kaya akan berbagai jenis mineral, diantaranya kalium (K), kalsium (Ca), Natrium (Na), dan zat besi (Fe). Buah-buahan yang kaya kalsium adalah buah salak, sawo, jeruk nipis, arbei, nangka, pala dan srikaya. Sungguh begitu banyak manfaat sayur-sayuran dan buah-buahan bagi kesehatan tubuh. Untuk itulah, tak heran jikalau semua pakar kesehatan menganjurkan kepada kita untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kondisi tubuh.

Categories: Gizi Tags: , ,
  1. November 25, 2007 at 8:55 am | #1

    Thx tipsx….

  2. April 7, 2008 at 5:14 pm | #2

    Paling bagus makan sayur apa ?

  3. ocha
    April 21, 2008 at 2:42 pm | #3

    saya ochaberumur 14 th. saya mempunyai masalah kulit yaitu jerawat di waah, punggung, dan dada. da kulitwajah saya sangat berminyak. apakah ada buah/jus/sayuran yang dapat mengobatai kulit saya ini…??
    mav, saya mohon carikan solusinya.
    thx..
    _O~Cha_

  4. ocha
    April 21, 2008 at 2:46 pm | #4

    Ocha, 14th, denpasar-bali.
    saya jg mw bertanya, buah apa yang harus saya buat utk di jadikan masker wajah,, utk kulit kering dan berminyak.
    thx,,
    _O~Cha_

  5. cerly
    January 27, 2009 at 8:28 am | #5

    buah dan sayuran apa yang harus saya konsumsi supaya cantik dan segar, tanpa ada jerawat diwajah dan tubuh tetap langsing????????? mohon penjelasan takaran yang harus saya konsumsi???????????

    Makaciiiih ya…………..

  6. February 9, 2009 at 5:57 pm | #6

    bagus ni postingannya mksh..

  7. May 1, 2009 at 3:04 pm | #7

    Buah apa ya utk mgobti kputihan..? Thanks ya..

  8. ayun srihartini
    May 11, 2009 at 5:10 pm | #8

    buah dan sayur apa yang harus saya konsumsi agar jerawat dan minyak diwajah saya bisa berkurang??????

  9. May 27, 2009 at 12:37 pm | #9

    tks postingannya..bermanfaat banget…

  10. vivi
    June 1, 2009 at 3:14 pm | #10

    saya vivi. sayuran dan buah2an apa yg bagus bwt pencegahan kanker payudara. terimakasih sebelumnya…

  11. makino
    November 1, 2009 at 2:03 pm | #11

    gmana ??? ya cara supaya ngilangin komedo yg di hidung kok susah amat ???

  12. November 5, 2009 at 2:44 pm | #12

    Makasih y bro,, infoNya berguna skali!!..

  13. erwan
    November 11, 2009 at 3:33 pm | #13

    saya punya kaki rasanya keju dan panas di telapak kai.buah apa yang cocok ya.terima kasih

  14. helmia
    November 11, 2009 at 4:01 pm | #14

    saya mau tanya buah apa yg bisa hlngin jrwat,dan berminyk bt wajah saya,
    kasih thu ya,thanks,,………tlong bntu ya please……and ksih solusinya..,.,.,.,…..

  15. zul
    November 25, 2009 at 12:34 am | #15

    thanks yach tas infox,,,,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

