Home > Artikel > Olahraga Pernafasan

Olahraga Pernafasan

Menarik napas dalam-dalam, seperti yang lazim dilakukan pada olahraga pernapasan, sebenarnya merupakan suatu sarana yang membantu tubuh untuk mengubah udara yang dihirup menjadi energi. Aliran udara berenergi ini mampu menghasilkan tenaga dalam yang akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Efeknya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketegangan otot di seluruh tubuh, menyegarkan kembali pikiran yang lelah, atau meringankan rasa sakit di bagian-bagian tubuh tertentu.

Namun demikian, bukan berarti kondisi kesehatan yang menyeluruh hanya bergantung pada olahraga pernapasan saja. Anda tetap membutuhkan olahraga lain, yaitu olahraga aerobik intensitas sedang hingga tinggi. Sedangkan pada umumnya, olahraga pernapasan termasuk dalam kategori aerobik low impact berintensitas rendah, sehingga sulit mencapai target heart rate yang diharapkan. Untuk menyiasatinya, dr. Nora menyarankan untuk membuat variasi latihan olahraga setiap minggunya.

Misalnya hari Senin berjalan kaki selama setengah jam, hari Rabu bersepeda setengah jam dan kemudian hari Sabtu olahraga pernapasan selama satu jam. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mencapai kesehatan jantung dan paru-paru maksimal. Bagi Anda yang aktif dalam kegiatan olahraga lain yang spesifik, seperti tenis atau joging, pernapasan dalam dapat meningkatkan stamina dan memperbaiki prestasi.

Otot-otot dan susunan saraf menjadi lebih responsif, terkendali dan terkoordinasi dengan baik, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit sekalipun. Tertarik? Anda bisa bergabung dengan perkumpulannya. Sudah banyak, kok, di Jakarta maupun di kota-kota lainnya. Jika belum sempat, Anda juga dapat berlatih pernapasan dalam yang simpel di rumah. Caranya adalah dengan membiasakan diri menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan-lahan, baik pada saat sedang duduk, berbaring, bahkan berjalan sekalipun. Untuk hasil terbaik, yang disarankan adalah dengan posisi duduk tegak dengan punggung lurus, bisa di lantai ataupun di kursi. (jadilangsing)

About these ads
Categories: Artikel Tags: ,
  1. Ida
    December 31, 2007 at 6:13 am | #1

    Good Idea…Boleh nich di praktekin…

  2. February 5, 2008 at 7:07 pm | #2

    Udah nyoba. Yang ada malah balik bungkuk lagi pas duduk dilantai hehehe… Musti sit up maning nih. Biard otot abdominal bs nopank. Thx bro

  3. February 7, 2009 at 10:27 pm | #3

    cara olahraga pernapasan yang benar seperti apa ya, berikan step-stepnya dong, soalnya saya jarang olah raga. terima kasih

  4. omat
    May 14, 2009 at 8:15 pm | #4

    gimn y supaya napas gw bisa panjang soal ny gw ini vocalis band..?? thxs y

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: