Home > Artikel > eGG Allergy

eGG Allergy

tEEta…this article for U…heheeh…Egg Allergy (alergi telur).

Definisi

Telur adalah salah satu makanan yang biasa menimbulkan alergi. Alergi ini tidak hanya menyerang oleh orang dewasa, juga kebanyakan anak-anak pada masa pertumbuhan mulai dari usia 5 tahun ke atas.

Alergi ini bereaksi dalam beberapa menit sampe beberpa jam setelah mengkonsumsi telur atau makanan lainnya yang mengandung telur. Pada umumnya tanda atau gejala yang ditimbulkan bisa ringan sampe parah diantaranya kulit menjadi ruam, muntah-muntah atau radang pada tenggorokan.

Kuncinya untuk dapat mencegah reaksi alergi apabila kamu atau siapa saja yang alergi terhadap telur harus ngerti apa yang mereka makan, jadi kamu dapat menghindari telur atau makanan yg mengandung telur, gampang kanπŸ˜€. Apabila terjadi reaksi alergi ringan bisa ditolong dengan memberikan obat pencegah alergi, itu dapat mengurangi reaksi alergi.

Tanda dan Gejala

Tanda atau gejala Alergi telur ini berbeda tiap orangnya dan terjadi dalam waktu beberapa menit sampe beberapa jam setelah mengkonsumsi telur tersebut. Tanda atau gejalanya mencakup:

  • Peradangan pada kulit, merupakan gejala umum dari reaksi alergi
  • Sesak nafas
  • Radang tenggorokan (rhinitis)
  • Gangguan pencernaan, seperti kram, mual dan muntah

Anaphylaxis

Alergi telur dapat mengakibatkan anaphylaxis, yang berakibat fatal bagi kehidupan yang dapat menghentikan aliran udara sehingga susah bernafas. Apabila kamu atau orang2 disekelilingmu alergi pada telur, segera hubungi dokter tidak masalah seberapa kecil reaksi yang mungkin akan didapat. Sebuah tes bisa menolong menjelaskan tentang alergi telur ini. Jadi untuk kedepannya kamu dapat menghindarinya.

Anahpylaxis adalah sejenis alergi yang gejalanya bisa sangat parah sampai meninggal dunia(menurut pak dokter, tengkyu dok).

Tanda dan gejalanya terjadi setelah mengkonsumsi telur dan dapat menimbulkan:

  • Sesak nafas, terjadi pembengkakan pada tenggorokan sehingga susah untuk bernafas.
  • Shock, dengan turunnya tekanan darah yang sangat hebat
  • Denyutan nadi cepat
  • Pusing hingga pingsan

Penyebab

Semua jenis alergi makanan itu disebabkan adanya gangguan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan dalam tubuh anda mengidentifikasi telur sebagai zat yang berbahaya, dan menggerakan untuk menghasilkan immunoglobulin E (IgE) antibodies untuk menetralisir protein (allergen). Di waktu lain kamu kembali bertemu dengan protein ini, IgE antibodies dapat menerima nya, dan sistem kekebalan kamu mengeluarkan histamine dan zat kimia lain. Histamine dan zat kimia lainnya menimbulkan gejala alergi. Histamine ini yang menyebabkan terjadinya alergi, termasuk hidung meler, mata yang gatal, tenggorokan kering, ruam kulit, mual, diarea, dan sesak nafas breathing.

Kuning telur dan putih telur keduanya mengandung banyak protein yang dapat menimbulkan alergi, tapi lebih banyak ditimbulkan oleh putih telur.

Faktor Resiko

Faktor tertentu yang mungkin mengakibatkan timbulnya alergi telur tersebut adalah:

  • Alergi Lain. Kadang-kadang alergi telur terjadi bersamaan dengan alergi makanan lain, seperti susu sapi atau kacang-kacangan.
  • Radang Kulit. Anak yang memiliki jenis radang ini memiliki resiko lebih besar terhadap alergi makanan.
  • Keturunan. Kamu berresiko besar terhadap alergi makanan apabila salahsatu atau kedua orangtumu alergi makanan atau alergi lainnya.
  • Usia. Alergi telur banyak terjadi pada anak2. Setelah tumbuh dewasa sistem pencernaan pun menjdai lebih kebal dan tubuh kamu akan sangat jarang untuk menyerap komponen makanan yang mengakibatkan alergi.

Tes dan Diagnosa

Yang perlu ditanyakan oleh kamu apabila kamu memiliki alergi telur kepada dokter:

  • Tanyakan dengan lengkap dan jelas tentang tanda-tanda dan gejalanya
  • Melakukan pemeriksaan fisik
  • Memiliki catatan khusus makanan yang kamu makan
  • Menyingkirkan telur dari program diet lalu kamu makan makanan dan klihat kembali apakah terjadi reaksi yang sama terhadap makanan lain.

Dokter mungkin juga akan menganjurkan beberapa tes:

  • Tes Kulit. Dalam tes ini, kulit kamu ditusuk dan dibedah dan sedikit di masukan protein yang terkandung dalam putih telur. Apabila kamu alergi, akan terjadi benjolan pada lokasi kulit yang di tes tadi. Spesialis alergi akan melakukan yang terbaik untuk pemeriksan dalam test alergi pada kulit.
  • Tes Darah. Tes darah dapat menjadi ukuran sistem imun kamu bereaksi terhadap telur dan mengukur jumlah antibodi yang terdapat pada aliran darah, yang dikenal sebagai immunoglobulin E (IgE) antibodies. Contoh darah dapat di tes di lab, dimana darah dapat dites sebagai petunjuk kepekaan terhadap telur.

Komplikasi

Anak-anak yang alergi terhadap telur lebih berresiko mempunyai masalah kesehatan lain, seperti:

  • Alergi terhadap jenis makanan lain, seperti susu, kedelai atau kacang-kacangnan
  • Demam β€” sebuah reaksi dari hewan ternak, debu atau serbuk sari dari tumbuhan
  • Atopic dermatitis
  • Sesak nafas

Pencegahan

Ini langkah2 yang mungkin bisa mencegah alergi terhadap makanan, tapi kamu dapat menghindari hal2 yang berbahaya dengan menghindari makanan pemicu alergi. Apabila kamu mengetahui bahwa kamu alergi terhadap telur, kamu cukup menghindari makanan yang mengandung telur, mudah bukan. Mengetahui komponen makanan yang kamu makan juga sangat perlu.

Sebagian orang yang alergi terhadap telur ayam khususnya biasanaya juga alergi terhadpa telur unggas lainnya. Dilain tempat, orang yang alergi terhadap telur biasanya alergi terhadap ayam juga, ini dikenal sebagai bird-egg syndrome.

Seseorang yang alergi telur mungkin juga berreaski setelah kulitnya bersentuhan langsung dengan telur atau produk yang mengandung telur.

Tunggu sampai usia 2 tahun bagi bayi untuk bisa mengkonsumsi telur, beberapa penelitian menyarankan ini untuk mencegah pertumbuhan alergi telur. Anak dengan orang tuanya memiliki alergi terhadap makanan mungkin lebih beresiko alergi terhadap makanan juga.

Telur mengandung sangat banyak protein dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Apabiala kamu menghilangakan telur dari menu makan kamu, tanyakan pada dokter menu makan apa yang protein dan nutrisinya setara dengan telur.

Artikel ini hanya untuk berbagi informasi saja…heheeh…susah juga klo argi makanan, klo temenku bilang alergi makanan=tidak menikmati hidup.πŸ˜€

Categories: Artikel Tags: , ,
  1. January 14, 2009 at 3:43 pm

    hhmmm…,, tengkyu buat informasinya yaahh,,
    klo sampe sesek nafas se enggak,, tapi muncul bentol yang gatel.. πŸ˜€

  2. alyn
    February 3, 2009 at 3:30 pm

    anakku, 14 dinyatakan alergi telur oleh dokter dengan melihat merah2 di badannya. padahal sudah sejak 6 bulan anakku mengkonsumsi telur, lalu kenapa baru sekarang munculnya? apakah “penyakit alergi” ini bisa sembuh total? gimana caranya? gak asik juga seumur hidup gak makan telur kan??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: