Archive

Archive for the ‘Artikel’ Category

Tradisi Menari di Kepulauan Nauru Cegah Diabetes

November 10, 2009 1 comment

Sebuah Artikel dari Detik.Com…

Jakarta, Penyakit diabetes bisa diobati dan dicegah. Di Kepulauan Nauru kawasan Pasifik pun, tradisi menari dilakukan untuk mencegah diabetes. Bahkan pemerintah disana sudah mencanangkan program menari satu jam setiap harinya itu sebagai program wajib bagi masyarakat. Terbukti angka penderita diabetes disana menurun.

Penduduk di Nauru diketahui memiliki jumlah penderita diabetes yang cukup tinggi. Namun hebatnya, kawasan yang hanya memiliki luas 21 km persegi dan berpenduduk 13 juta orang itu berhasil menurunkan angka penderita diabetes dengan cukup drastis, yaitu sekitar 30 persen.

“Hanya dengan menari satu jam tiap harinya, masyarakat disana menjadi lebih sehat dan penderita diabetes pun berkurang, Itu artinya, kita pun bisa menerapkan kebiasaan kecil seperti itu, minimal di tingkat puskesmas yang paling kecil dulu,” ujar DR. dr Achmat Rudijanto, SpPD-KEMD selaku ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) dalam acara seminar ‘Kendalikan Diabetes agar Kualitas Hidup Meningkat’ di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Senin (9/11/2009).

Menurut dokter endrokinolog yang juga staff pengajar di fakultas kedokteran Universitas Brawijaya itu, kunci dari mengendalikan dan mencegah diabetes hanyalah dengan menerapkan pola hidup sehat. “Pola hidup sehat artinya makan jangan berlebih, orang gemuk harus dibatasi makannya, perbanyak olahraga dan konsumsi sayur buah,” jelas Achmat.

Menari, adalah satu bentuk kebiasaan kecil di Naoru yang sudah diwajibkan dan ternyata membawa manfaat. Sebenarnya, Indonesia pun sudah memiliki satu kebiasaan khusus untuk menangani masalah diabetes. Bahkan Indonesia adalah satu-satunya negara yang punya ciri khas tersebut.

“Trade mark Indonesia adalah senam diabetes. Satu-satunya negara yang punya senam ini hanyalah Indonesia. Tapi sayangnya jarang sekali orang yang melakukan senam ini dengan rutin,” tutur Dr Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, seorang endrokinolog yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Dalam acara yang digelar untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia pada tanggal 14 November nanti, juga diluncurkan sebuah program Diabetes Educenter, yaitu pusat edukasi bagi penderita diabetes dan masyarakat untuk lebih mengenal dan paham tentang penyakit diabetes.

“Di sana pasien dan masyarakat bisa berkomunikasi langsung dengan para dokter dan edukator, memperoleh buku panduan dan menyaksikan tayangan mengenai diabetes,” ujar Roy. Program yang merupakan kerjasama antara Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk dengan perusahaan farmasi Sanofi-Aventis ini diharapkan mampu memberi informasi pada masyarakat tentang bahaya penyakit diabetes sehingga lebih peduli pada kesehatannya.

Hari Diabetes Sedunia juga diperingati untuk mengenang Frederick Grant Banting, penemu insulin yang berasal dari Kanada. Saat ini, jumlah penderita diabetes di dunia berjumlah sekitar 250 juta, dan jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat jika masyarakat tidak diberi kesadaran sejak dini. Bahkan pada tahun 2025, jumlahnya bisa mencapai 380 juta.

Untuk itu, Achmat dan Roy sangat mendukung program-program edukasi yang berbasis diabetes untuk masyarakat. Tak hanya program Diabetes Educenter, Achmat juga sangat mendukung program pemerintah dalam membangun trotoar dan jalanan.

“Andaikan nggak ada trotoar, orang nggak akan jalan. Padahal jalan kaki 30 menit tiap harinya bisa mencegah diabetes. Jadi kalau ada program membuat jalan atau trotoar yang dicanangkan pemerintah, saya sangat setuju karena dengan begitu lahan untuk berjalan kaki akan lebih banyak,” tutur Achmat.

 

Yehaa..kagak salah dah milih hobi dance…bebas dah dari diabetes…

Dance With Me…

 

Advertisements
Categories: Artikel

Luv U aLL…Stop Smoking!!

January 16, 2009 4 comments

Berthie menuliskan kisahnya:

Cintaku Pada Rokok Berbuah Kanker Paru dan Kanker Usus

Bulan November 2005 adalah bulan kelabu dimana aku divonis dokter terkena kanker paru-paru dan harus dilakukan pengangkatan sebagian paru kanan atasku yang ada kankernya. Kejadiannya setelah Hari Raya Idul Fitri 2005 aku merasakan badanku yang kurang sehat dan cenderung setiap hari berat badanku turun 1/4 kg sementara aku makan seperti biasa.

Dari situlah aku memeriksakan diri ke laboratorium untuk melakukan general cek up, karena sejak berhenti sebagai atlit nasional, aku belum pernah cek up lagi. Dan hasil dari cek up itulah ketahuan kalau di paru sebelah kanan atasku ada tumor sebesar 6 (enam) sentimeter. Sebelumnya aku sudah ada perasaan kalau terkena kanker paru karena aku adalah perokok berat (satu hari rata-rata bisa sampai 60 batang rokok). Saat itu aku menerima dengan tegar karena aku merasa penyakit tersebut akibat dari kebiasaanku merokok sejak remaja.

Ironis memang, sementara aku adalah seorang mantan pemain bahkan kapten tim nasional di cabang softball era tahun 1980-1990, yang seharusnya hidup tanpa tembakau/rokok. Padahal sudah gak bosan-bosannya lingkungan di sekitarku menganjurkan aku untuk berhenti merokok tetapi aku menjawab dengan sombong bahwa aku kan atlit, jadi ada alasan untuk merokok tapi sehat. Memang saat itu tidak terlihat akibat dari rokok yang katanya bila seseorang itu merokok maka dia tidak akan kuat untuk berlari jauh, atau dengan kata lain perokok napasnya jadi pendek. Itu tidak terjadi pada diriku. Dan memang aku buktikan di setiap latihan atau dalam pelatnas (pemusatan latihan nasional) kondisi badanku oke-oke aja, jadi buat aku merokok tidak ada pengaruhnya sama sekali.

Kebetulan dokter yang memeriksaku setelah ada hasil dari foto rontgen adalah kakakku sendiri yang dokter spesialis paru (Dr. Menaldy Rasmin SpP(K) ). Setelah melalui pemeriksaan yang lebih mendetail yaitu dilakukan broncoscopy dan biopsy, tidak ada jalan lain kecuali dilakukan operasi pengangkatan paru kanan bagian atas yang telah terkena kanker.

Saat itulah aku mulai takut karena terus terang selama hidup aku belum pernah yang namanya sakit berkepanjangan apalagi operasi dan harus diopname. Aku mulai menghindar setiap kali kakakku menanyakan kapan siap dioperasi. Aku hanya menjawab besok, besok, dan besok, yang sebenarnya sih aku amat sangat ketakutan untuk operasi. Malahan aku sempat lari ke pengobatan alternatif. Ternyata tidak membuahkan hasil yang aku harapkan.

Aku lalu datang ke tempat praktek kakakku dan menanyakan akibatnya bila aku gak mau operasi (sewaktu aku ke pengobatan alternatif kakakku gak tau). Kakakku bilang kalau aku gak dioperasi akan terjadi pembengkakan di tubuh bagian kanan, mulai dari tangan kanan terus ke dada kanan. Nah kalau sudah terjadi pembengkakan maka tidak bisa dilakukan operasi, yang ada hanya bila sakit akan diberi obat anti sakit, bila sesak napas akan diberi obat sesak napas, dengan kata lain aku tinggal menghitung hari untuk mati. Di situlah aku makin ketakutan, menyerah serta pasrah untuk dioperasi.

Read more…

Categories: Artikel, copas milis Tags: ,

eGG Allergy

January 14, 2009 2 comments

tEEta…this article for U…heheeh…Egg Allergy (alergi telur).

Definisi

Telur adalah salah satu makanan yang biasa menimbulkan alergi. Alergi ini tidak hanya menyerang oleh orang dewasa, juga kebanyakan anak-anak pada masa pertumbuhan mulai dari usia 5 tahun ke atas.

Alergi ini bereaksi dalam beberapa menit sampe beberpa jam setelah mengkonsumsi telur atau makanan lainnya yang mengandung telur. Pada umumnya tanda atau gejala yang ditimbulkan bisa ringan sampe parah diantaranya kulit menjadi ruam, muntah-muntah atau radang pada tenggorokan.

Kuncinya untuk dapat mencegah reaksi alergi apabila kamu atau siapa saja yang alergi terhadap telur harus ngerti apa yang mereka makan, jadi kamu dapat menghindari telur atau makanan yg mengandung telur, gampang kan :D. Apabila terjadi reaksi alergi ringan bisa ditolong dengan memberikan obat pencegah alergi, itu dapat mengurangi reaksi alergi.

Tanda dan Gejala

Tanda atau gejala Alergi telur ini berbeda tiap orangnya dan terjadi dalam waktu beberapa menit sampe beberapa jam setelah mengkonsumsi telur tersebut. Tanda atau gejalanya mencakup:

  • Peradangan pada kulit, merupakan gejala umum dari reaksi alergi
  • Sesak nafas
  • Radang tenggorokan (rhinitis)
  • Gangguan pencernaan, seperti kram, mual dan muntah

Anaphylaxis

Alergi telur dapat mengakibatkan anaphylaxis, yang berakibat fatal bagi kehidupan yang dapat menghentikan aliran udara sehingga susah bernafas. Apabila kamu atau orang2 disekelilingmu alergi pada telur, segera hubungi dokter tidak masalah seberapa kecil reaksi yang mungkin akan didapat. Sebuah tes bisa menolong menjelaskan tentang alergi telur ini. Jadi untuk kedepannya kamu dapat menghindarinya.

Anahpylaxis adalah sejenis alergi yang gejalanya bisa sangat parah sampai meninggal dunia(menurut pak dokter, tengkyu dok).

Tanda dan gejalanya terjadi setelah mengkonsumsi telur dan dapat menimbulkan:

  • Sesak nafas, terjadi pembengkakan pada tenggorokan sehingga susah untuk bernafas.
  • Shock, dengan turunnya tekanan darah yang sangat hebat
  • Denyutan nadi cepat
  • Pusing hingga pingsan

Read more…

Categories: Artikel Tags: , ,

Coffee Lovers….

January 10, 2009 3 comments

cof2

COffee…hmmm…siapa seh yang gak kenal dengan minuman yang satu ini…klo aku bilang neh minuman penambah ide alah, pembangkit semangat, dan yg paling penting penghilang kantuk.

Kebetulan neh tadi pagi bru dapet email dari seorang temen, ngerti kale ya klo aku penggemar kopi. heheheh tengkyu ya…Neh dia imelnya:

Fakta dari secangkir kopi: kafein dalam kopi bisa meningkatkan daya konsentrasi sekaligus mempercepat sistem metabolisme dan pemecahan lemak dalam tubuh. Itu sebabnya kopi bisa membantu program penurunan berat badan. AsaI jangan lupa perhatikan jumlah kalori kopi Anda. Secangkir kopi hitam mengandung 0 kalori, kopi dengan susu skim 60 kalori, sedangkan cappucino 110 kalori.

Itu lah alesan kenapa semua rekan kerja dan juga aku gemar minum kopi..:D, tapi kayaknya harus mulai beralih neh ke kopi hitam secara kalorinya rendah sangad.

Categories: Artikel Tags: ,

Olahraga Pernafasan

December 31, 2007 4 comments

Menarik napas dalam-dalam, seperti yang lazim dilakukan pada olahraga pernapasan, sebenarnya merupakan suatu sarana yang membantu tubuh untuk mengubah udara yang dihirup menjadi energi. Aliran udara berenergi ini mampu menghasilkan tenaga dalam yang akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Efeknya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketegangan otot di seluruh tubuh, menyegarkan kembali pikiran yang lelah, atau meringankan rasa sakit di bagian-bagian tubuh tertentu.

Namun demikian, bukan berarti kondisi kesehatan yang menyeluruh hanya bergantung pada olahraga pernapasan saja. Anda tetap membutuhkan olahraga lain, yaitu olahraga aerobik intensitas sedang hingga tinggi. Sedangkan pada umumnya, olahraga pernapasan termasuk dalam kategori aerobik low impact berintensitas rendah, sehingga sulit mencapai target heart rate yang diharapkan. Untuk menyiasatinya, dr. Nora menyarankan untuk membuat variasi latihan olahraga setiap minggunya.

Read more…

Categories: Artikel Tags: ,

Flu dan Vitamin C

December 22, 2007 2 comments

Ditulis oleh: Wiji Astuti, S.Sos

Memasuki musim pancaroba seringkali terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Pagi hari matahari bersinar sangat cerah, sehingga udara siang terasa sangat panas dan membuat kita merasa gerah, namun di sore hari langit berubah menjadi kelihatan mendung dan hujan pun turun dengan derasnya.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat membuat daya tahan tubuh kita menurun dan mennjadi sangat rentan terhadap penyakit. Jika daya tahan tubuhkita sudah menurun, virus yang menyebabkan penyakit batuk, pilek, dan sakit perut seperti diare akan mudah menghampiri dan mulai menyerang kita.

Read more…

Categories: Artikel Tags: ,

NARKOBA ‘perusak generasi paling mujarab’

November 15, 2007 4 comments

Artikel turun temurun juga neh gak jelas asal muasalnya.

Mendengar kata narkoba yang mampir di benak kita adalah seputar ganja, heroin, opium, extasy, putau dan ganknya, barang2 laknak penghancur masa depan bahkan disebut-sebut sebagai perusak generasi paling mujarab. Lalu apa narkoba itu sendiri?

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang menyebabkan pengaruh bagi penggunanya. Pengaruh tersebut berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, ransangan semangat, halusinasi atau timbulnya khayalan2 yang menyebabkan efek ketergantungan bagi penggunanya.
Jenis-jenis narkoba yang termasuk kedalam narkotika adalah:

OPIOID

Opioid atau opiat berasal dari kata opium, jus dari bunga opium, Pavaver somniverum yang mengandung kira-kira 20 alkaolid opium, termasuk morfin. Nama Opioid juga digunakan untuk opiat, yaitu suatu preparat atau derivat dari opium dan narkotik sintetik yang kerjanya menyerupai opiat tetapi tidak didapatkan dari opium.
Opiat alami lain atau opiat disentesis dari opiat alami adalah heroin (diacethylmorphine), codein (3-methoxymorphine), dan Dilaudid (hydromorphone).

Efek yang ditimbulkan:

Mengalami pelambatan dan kekacauan saat berbicara, kerusakan penglihatan pada malam hari, kerusakan hati (liver) dan ginjal, resiko terkena virus HIV dan hepatitis juga penyakit infeksi lainnya makin meningkat, penurunan libido, kebingungan dalam identitas seksua, dan hal yang tak dapat diungkiri adalah kematian akibat overdosis.
Bahan – bahan opioid yang sering disalahgunakan adalah:

* Candu
* Morfin
* Heroin (putaw)
* Methadone
* Demerol

Read more…

Categories: Artikel Tags: , ,